Profil Lulusan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) UMSU | ||
No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil |
01 | Menjadi Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah | Sarjana yang mampu mendidik dan melakukan pembelajaran PAI tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah.Disekolah maupun madrasah. |
02 | Menjadi Peneliti Pendidikan Agama Islam | Sarjana yang mampu melakukan pengamatan,penganalisaan dengan cermat terkait bidang kajian pendidikan Agama Islam |
03 | Menjadi Pengelola sekolah yang berlandaskan pada nilai-nilai Al- Islam dan Kemuhammadiyahan | Sarjana yang mampu mengatur organisasi dan bisnis serta mengatur resiko pada bidang Pendidikan (Islam). |
Capaian Pembelajaran Lulusan |
Program Studi Pendidikan Agama Islam UMSU |
SIKAP (S) |
Setiaplulusanprogrampendidikanakademik,sarjana harus memiliki sikap sebagai berikut: |
|
KETRAMPILAN UMUM (KU) |
|
KETRAMPILAN KHUSUS (KK) |
|
PENGETAHUAN (P) |
|
Bahan Kajian dan MataKuliah |
||||
No | Deskripsi Profil | Bahan Kajian dari Iptek Prodi | MataKuliah | SKS |
1
2
3
|
Sarjana yang mampu mendidik dan melakukan pembelajaran PAI tingkat pendidikan Dasar dan Menengah. Di Sekolah maupun madrasah.
Sarjana yang mampu melakukan Pengamatan,penganalisaan dengan cermat terkait bidang kajian pendidikan Agama Islam.
Sarjana yang mampu mengatur organisasi dan bisnis serta mengatur resiko pada bidang pendidikan (Islam). |
Agama, kebangsaan | Agama | 2 |
Pancasila | 2 | |||
Kewarganegaraan | 2 | |||
Bahasa Indonesia | 2 | |||
Penciri PT | Ibadah | 2 | ||
Muamalah | 2 | |||
Kemuhammadiyahan | 2 | |||
Bahasa Inggris | 2 | |||
Ilmu-Ilmu Pedagogik Pendidikan Agama Islam | Psikologi Umum | 2 | ||
Psikologi Perkembangan | 3 | |||
Psikologi Belajar | 2 | |||
Strategi Pembelajaran | 2 | |||
Metodologi Pendidikan Agama Islam | 3 | |||
Komunikasi Pendidikan | 2 | |||
Bimbingan Konseling Islami | 3 | |||
Muhadarah* | 2 | |||
Retorika* | ||||
Psikologi Islam* | ||||
Tafsir Tarbawi | 3 | |||
Hadits Tarbawi | 3 | |||
Instrumen Keilmuan Pendidikan Agama Islam
|
Ulumul Quran | 3 | ||
Ulumul Hadits | 3 | |||
Ushul Fiqh | 2 | |||
Pendidikan ESQ* |
2
|
|||
Ilmu Tajwid* | ||||
Praktikum Quran dan Hadits* | ||||
Fiqih Kontemporer | 2 | |||
Ilmu Falak | 2 | |||
Sejarah Peradaban Islam | 3 | |||
Ilmu Pendidikan Islam | 3 | |||
Filsafat Pendidikan Islam | 2 | |||
Materi PAI | 3 | |||
Perbandingan Pendidikan* | 2 | |||
Khot & Tulisan Arab Melayu* | ||||
Sosiologi Pendidikan* | ||||
Problematika Pembelajaran | Kapita Selekta Pendidikan Islam | 3 | ||
Kurikulum dan Pendidikan | Administrasi Pendidikan | 3 | ||
Pengembangan Kurikulum PAI | 3 | |||
Penyusunan Buku dan Bahan Ajar | 2 | |||
Media dan Inovasi Pembelajaran | Media dan Sumber Belajar | 3 | ||
Pengemb Sistem Evaluasi PAI | 3 | |||
Disain Pembelajaran | 3 | |||
Profesi Keguruan | Magang Administrasi Pendidikan | 1 | ||
Magang Proses Pembelajaran | 2 | |||
Magang Pengembangan Pembelajaran | 1 | |||
Micro Teaching | 3 | |||
PKP (Pengembangan Kemampuan Profesional) | 3 | |||
Profesi Keguruan | 3 | |||
KKN | 4 | |||
Kebahasaan | Bahasa Arab | 2 | ||
Conversation | 2 | |||
Insya’ Muhadaatsah | 2 | |||
Teknologi Informasi (IT) | Komputer | 2 | ||
Teknologi Informasi dalam Pendidikan | 3 | |||
Desain Grafis & Animasi Pembelajaran* |
2
|
|||
Pengolahan data SPSS* | ||||
Motodelogi Penelitian | Metodologi Studi Islam | 3 | ||
Metodologi Penelitian | 3 | |||
Penelitian Tindakan Kelas | 2 | |||
Logika | 2 | |||
Filsafat Ilmu | 2 | |||
Statistik | 3 | |||
Penulisan Karya Ilmiah | Penulisan Karya Ilmiah | 2 | ||
Skripsi | 4 | |||
Seminar Proposal* | 2 | |||
Kewirausahan | Kewirausahaan | 2 | ||
Manajemen | Manajmen Pendidikan | 3 | ||
Supervisi | Supervisi Pendidikan | 2 |