Tujuan & Sasaran

Program Studi Pendidikan Agama Islam 

Tujuan

1). Menghasilkan sarjana Pendidikan Agama Islam yang professional, kreatif, inovatif, mandiri dan bertanggungjawab

2). Menghasilkan guru Agama Islam yang handal di bidang penelitian dan Karya Ilmiah.

3). Mewujudkan jaringan kerjasama dengan institusi terkait untuk peningkatan kualitas guru Pendidikan Agama Islam

4). Membantu mengembangkan dan membina masyarakatyang berkualitas dan mandiri dengan nilai-nilai Islami

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran dan strategi pencapaian disusun secara sistematis berdasarkan tujuan program studi. Adapun sasaran dan strategi pencapaiannya adalah sebagai berikut:

SASARAN STARTEGI PENCAPAIAN
1)    Terwujudnya sarjana Pendidikan Agama Islam yang professional, kreatif, inovatif, mandiri dan bertanggungjawab 1)  Menyediakan kurikulum yang sesuai dengan pencapaian visi, misi, dan tujuan yang telah dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan berstandard KKNI, baik  dalam bentuk core curikulum-subject matter curriculum, maupun yang bersifat ekstra curriculum dan hidden kurikulum. Untuk memenuhi dan menyempurnakan berbagai jenis kurikulum di atas, Prodi PAI menargetkan dapat terwujud pada akhir  tahun 2016.
2)    Terwujudnya sarana dan prasarana yang memadai 1)  Menyediakan laboratorium yang dibutuhkan bagi pengembangan keilmuan dan kekaryaan sebagai tenaga pendidik profesional, berupa Laboratorium Micro Teaching dan Laboratorium Komputer. (Sudah tersedia sejak 2010) dan akan terus meningkatkan pelayanan dan penyediaan kapasitasnya pada tahun 2017.

2)  Menyediakan Perpustakaan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa PAI, dan mahasiswa UMSU lainnya, yang dapat diakses  oleh seluruh mahasiswa Fakultas Agama Islam UMSU, baik dalam bentuk buku-buku tercetak, maupun  dalam bentuk e-book atau digital. Untuk e book dan digital, direncanakan telah ada pada tahun ajaran 2017/2018.

3)  Menyediakan sistem informasi akademik yang terkomputerisasi pada tahun 2015/2016

4)  Membuat website program studi  PAI UMSU yang dikelola secara mandiri pada tahun 2016

3)    Terwujudnya proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa 1)   Menggunakan berbagai metode pembelajaran berbasis Student-Centered Learning-Contextual-Learning untuk memperbaiki proses belajar mengajar melalui imple­mentasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), yang akan berdampak pada upaya peningkatan kualitas lulusan, hal ini telah dimulai sejak tahun 2011 sampai sekarang, dan akan diarahkan  dengan kurikulum berbasis KKNI pada tahun ajaran 2015/2016 – 2016/2017.

2)   Menyediakan tenaga pengajar yang berkualifikasi S2 dan menambah dosen berkualifikasi S3 pada tahun 2016-2017.

4)    Terwujudnya pelayanan administrasi yang profesional oleh tenaga kependidikan 1)    Menyediakan tenaga kependidikan yang dapat melayani administrasi dengan baik demi kelancaran pelaksanaan pendidikan Mahasiswa

2)    Terus melakukan pembinaan terhadap  tenaga kependidikan

3)    Menyiapkan  standar operasional prosedur pelayanan administrasi yang representatif dan lengkap pada tahun 2015

5)    Terwujudnya sistem informasi akademik yang mudah diakses oleh setiap mahasiswa 1)        Menyediakan sistem informasi akademik yang terkomputerisasi pada tahun 2015/2016

2)        Membuat website program studi  PAI UMSU yang dikelola secara mandiri pada tahun 2016/2017

6)  Terwujudnya peneliti-peneliti muda dan penulis Karya ilmiah dalam bidang pendidikan Agama Islam

 

1)   Memotivasi  dosen  untuk aktif  mengikuti  berbagai  bentuk kegiatan ilmiah tentang penelitian

2)   Memberi pelatihan penyusunan  proposal penelitian kepada dosen dan juga mahasiswa

3)   Menyediakan dana dan fasilitas  pendukung bagi  dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan penelitian  dan publikasi

4)   Membangun sinergitas dengan stake holder

5)   Mendokumentasikan  aktivitas penelitian  dosen  dan  mahasiswa.

6)   Mengikutsertakan dosen  dalam  berbagai pelatihan dan atau workshop pembuatan proposal  penelitian

7)   Mengikutsertakan/melibatkan mahasiswa semester akhir dalam penelitian-penelitian internal dan atau mandiri dosen

8)   Membimbing dan memotivasi  mahasiswa untuk mengikuti ajang P2M yang dilaksanakan  oleh  kemendiknas setiap tahun

9)   Memberikan workshop-workshop penulisan proposal  penelitian dan penulisan  karya ilmiah, baik untuk kepentingan pembuatan tugas akhir/skripsi, maupun untuk mengikuti ajang P2M

7)    Terjalinnya jaringan kerjasama yang lebih luas terutama dengan stake holder (pemangku kepentingan ektern), baik di tingkat lokal, maupun nasional. 1)   Menjalin kerjasama dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) dengan berbagai instansi/lembaga Pendidikan, (untuk tingkat Lokal, maupun nasional telah dilakukan sejak tahun 2010) dan akan lebih ditingkatkan dan diperluas ke tingkat internasional pada tahun ajaran 2016/2017
8)   Terwujudnya masyarakat yang berkualitas, berpengetahuan, mandiri dan Islami 1)     Melakukan berbagai bentuk pembinaan dan pengabdian masyarakat, dengan memberikan pelatihan kerterampilan bimbingan dan penyuluhan hidup yang islami