Profil Lulusan

Profil Lulusan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam 

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) UMSU
No Profil Lulusan Deskripsi Profil
01 Menjadi Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah Sarjana yang mampu mendidik  dan  melakukan pembelajaran PAI  tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah.Disekolah maupun madrasah.
02 Menjadi Peneliti Pendidikan Agama Islam Sarjana yang mampu melakukan pengamatan,penganalisaan dengan cermat terkait bidang kajian pendidikan Agama Islam
03 Menjadi Pengelola sekolah  yang berlandaskan pada nilai-nilai Al- Islam dan Kemuhammadiyahan Sarjana yang mampu  mengatur organisasi dan bisnis serta  mengatur resiko pada bidang Pendidikan (Islam).

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan
Program Studi Pendidikan  Agama Islam UMSU
SIKAP (S)
Setiaplulusanprogrampendidikanakademik,sarjana harus memiliki sikap sebagai berikut:
  1. Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung   tinggi   nilai   kemanusiaan  dalam   menjalankan   tugas berdasarkan agama,moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan  sebagai warga  negara  yang bangga  dan  cinta tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai  keanekaragaman  budaya,  pandangan,  agama,  dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat  hukum  dan  disiplin  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan bidang keahliannya secara mandiri:dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan  dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.
KETRAMPILAN UMUM (KU)
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis,  kritis, sistematis, dan inovatif dalam  konteks pengembangan   atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur:
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan   keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam  rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi   saintifik hasil  kajiannya dalam  bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan  mengunggahnya  dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi:
  5. Mampu  mengambil  keputusan secara tepat dalam   konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,  berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing,    kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan  yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya:
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembalidata untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KETRAMPILAN KHUSUS (KK)
  1. Terampil menyusun dan mengembangkan  perangkat pembelajaran PAI secara baik dan tepat sesuai kerangka dan prosedur;
  2. Terampil mengembangkan kurikulum operasional dan mengembangkan materi ajar yang kontekstual dalam pembelajaran PAI;
  3. Terampil menerapkan pendekatan dan metode pembelajaran PAI yang mendidik, efektif, menyenangkan, dan bermutu;
  4. Terampil mendesain alat, media, bahan ajar dan sumber pembelajaran yang relevan, bermakna dan mendidik;
  5. Terampil menyusun  instrumen, melaksanakan dan mengolah hasil penilaian secara manual maupun berbasis sistem aplikasi;
  6. Terampil melaksanakanperbaikan pembelajaran secara berkesinambungan melalui tindakan reflektif dan lesson studies.
PENGETAHUAN (P)
  1. Menguasai  teori-teori umum pengajaran/ paedagogik.
  2. Menguasai  metode khusus pembelajaran Agama  Islam.
  3. Menguasai  media pembelajaran agama Islam berbasis IT.
  4. Menguasai ilmu-ilmu keislaman (dirosat islamiyah).
  5. Menguasai metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian pendidikan (Islam).

 


Bahan Kajian dan MataKuliah
No Deskripsi Profil Bahan Kajian dari Iptek Prodi MataKuliah SKS
1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sarjana yang mampu mendidik  dan  melakukan pembelajaran PAI  tingkat pendidikan Dasar dan Menengah. Di Sekolah maupun madrasah.

 

Sarjana yang mampu melakukan Pengamatan,penganalisaan dengan cermat terkait bidang kajian pendidikan Agama Islam.

 

Sarjana yang mampu  mengatur organisasi dan bisnis serta  mengatur resiko pada bidang pendidikan (Islam).

Agama, kebangsaan Agama 2
Pancasila 2
Kewarganegaraan 2
Bahasa Indonesia 2
Penciri PT Ibadah 2
Muamalah 2
Kemuhammadiyahan 2
Bahasa Inggris 2
Ilmu-Ilmu Pedagogik Pendidikan Agama Islam Psikologi Umum 2
Psikologi Perkembangan 3
Psikologi Belajar 2
Strategi Pembelajaran 2
Metodologi Pendidikan Agama Islam 3
Komunikasi Pendidikan 2
Bimbingan Konseling Islami 3
Muhadarah* 2
Retorika*
Psikologi Islam*
Tafsir Tarbawi 3
Hadits Tarbawi 3
Instrumen Keilmuan Pendidikan Agama Islam

 

 

Ulumul Quran 3
Ulumul Hadits 3
Ushul Fiqh 2
Pendidikan ESQ*  

2

 

Ilmu Tajwid*
Praktikum Quran dan Hadits*
Fiqih Kontemporer 2
Ilmu Falak 2
Sejarah Peradaban Islam 3
Ilmu Pendidikan Islam 3
Filsafat Pendidikan Islam 2
Materi PAI 3
Perbandingan Pendidikan* 2
Khot & Tulisan Arab Melayu*
Sosiologi Pendidikan*
Problematika Pembelajaran Kapita Selekta Pendidikan Islam 3
Kurikulum dan Pendidikan Administrasi Pendidikan 3
Pengembangan Kurikulum PAI 3
Penyusunan Buku dan Bahan Ajar 2
Media dan Inovasi Pembelajaran Media dan Sumber Belajar 3
Pengemb Sistem Evaluasi PAI 3
Disain Pembelajaran 3
Profesi Keguruan Magang Administrasi Pendidikan 1
Magang Proses Pembelajaran 2
Magang Pengembangan Pembelajaran 1
Micro Teaching 3
PKP (Pengembangan Kemampuan Profesional) 3
Profesi Keguruan 3
KKN 4
Kebahasaan Bahasa Arab 2
Conversation 2
Insya’ Muhadaatsah 2
Teknologi Informasi (IT) Komputer 2
Teknologi Informasi dalam Pendidikan 3
Desain Grafis & Animasi Pembelajaran*  

2

 

Pengolahan data SPSS*
Motodelogi Penelitian Metodologi Studi Islam 3
Metodologi Penelitian 3
Penelitian Tindakan Kelas 2
Logika 2
Filsafat Ilmu 2
Statistik 3
Penulisan Karya Ilmiah Penulisan Karya Ilmiah 2
Skripsi 4
Seminar Proposal* 2
Kewirausahan Kewirausahaan 2
Manajemen Manajmen Pendidikan 3
Supervisi Supervisi Pendidikan 2