Robie Fanreza, M.Pd.I
Dosen UMSU
Sekolah yang sukses diantaranya melakukan kegiatan supervisi disetiap unit. Kegiatan ini menjadi penting dalam meningkatkan kualitas sekolah dan seluruh stake holder yang berada di sekolah. Beberapa kegiatan supervise yang harus dilakukan adalah melakukan pengawasan atau pemantauan, memeriksa sesuai yang telah ditentukan di institusi, memberikan penilaian terhadap yang diperiksa, mengarahkan kepada perbaikan dan peningkatan kualitas serta mengajarkan kepada yang disupervisi terkait setiap pekerjaan.
Tindakan pengawas dilakukan secara berkesinambungan terhadap kinerja seorang guru. Apakah seorang guru telah melakukan tugasnya dengan baik dan sesuai standar operasional prosedur di sekolah. Seperti menyiapkan perangkat pembelajaran, media pembelajaran dan perangkat lainnya. Kemudian tugas supervise memeriksanya dengan daftar ceklis sehingga menjadi catatan penting. setelah melakukan pengawasan dan pemeriksaan sesuai standarisasi sekolah maka langkah selanjutnya memberikan penilaian terhadap kinerja guru, jika hasilnya sesuai dengan standar sekolah maka pantas juga diberikan apresiasi kepada guru tersebut. Tetapi sebaliknya maka guru harus diingatkan dan diberikan kesempatan segera memperbaiki kualitasnya sebagai guru. Dan harus ditindaklanjuti dengan memberikan pelatihan dalam meningkatkan kualitas guru.
Singkatnya bahwa melakukan supervisi adalah keniscayaan yang harus ditertibkan. Supervisi itu bagian upaya meningkatkan mutu dan kualitas sekolah. Hasil dari supervisi menjadi data penting sehingga mengetahui keunggulan dan kelemahan sekolah. Jika masih ada kelemahan maka segera diperbaiki dan jika ada keunggulan maka untuk senantiasa ditingkatkan. Bagaimana jika sekolah tidak melakukan tindakan supervisi dan bagaimana jika sekolah melakukannya.