46 Mahasiswa UMSU Ikut TOT Co-Instruktur KIAM

0

Sebanyak 46 mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan UMSU  lolos seleksi untuk mengikuti Training of Trainers ( TOT).

Mereka akan diterjunkan sebagai Co-Instruktur pada pengkaderan lanjutan bagi mahasiswa 2017/2018 dalam kegiatan Kajian Intensif Al Islam dan Kemuhammadiyahan (KIAM) gelombang I dilaksanakan pada 23-24 September 2017.

Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Dr Rudianto, M.Si, Jumat (15/9), membuka secara resmi TOT tersebut di Gedung Aisyiyah Sumut Jalan Demak Medan. Turut hadir antara lain Ketua Badan Al Islam dan Kemuhammadiyaan UMSU Nur Rahmah Amini, para wakil dekan III, trainers dan peserta TOT.

Rudianto mengatakan KIAM  merupakan implementasi Visi UMSU yakni menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam membangun peradaban bangsa dengan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan Sumber Daya manusia berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Menurut Rudianto, program ini sudah berjalan tahun ke-3 dan terus dilakukan perbaikan-perbaikan terutama aspek pengajaran, pelayanan, pendampingan dan kurikulum, maka  perlu diberikan TOT  dalam rangka mempersiapkan tenaga Co- Trainers yang unggul cerdas dan terpercaya. Diharapkan dari sini dapat meraih tujuan yang diharapkan yakni meneguhkan kembali lulusan yang berkarakter untuk menjawab kebutuhan sumber daya untuk Indonesia berkemajuan.

Rudianto menegaskan menanamkan nilai-nilai ruhaniah atau nilai-nilai Islam saat ini menjadi demikian penting bagi generasi muda. Berbagai dinamika yang terjadi di berbagai kampus, seperti premanisme, narkoba dan kekerasan merupakan tantangan serius.

“Situasi itu hanya akan dapat diatasi dengan membangun mahasiswa yang memiliki karakter bukan pecundang,” katanya.

Ketua Badan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UMSU Nur Rahmah Amini mengatakan, peserta TOT sebelumnya harus menjalani scraning test yang ketat yang diadakan Badan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Pembukaan pendaftaran gelombang I diikuti 40 orang dan yang lulus 27 orang. Selanjutnya gelombang II diikuti 58 orang dan lulus 27 orang. Terakhir yang mengikuti TOT sebanyak 46 orang.

Nur Rahmah Amini menegaskan TOT diadakan 3 hari dua malam dan berakhir Minggu (17/9). Co-Instruktur akan bertugas pada  pelaksanaan KIAM gelombang I diadakan pada  23-24 September. Melalui TOT diharapkan mereka memiliki wawasan  dan pemahaman tentang Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang kenudian dapat ditularkan kepada peserta KIAM.

Share.

About Author

Leave A Reply